Analisis Filsafat Dakwah: Inovasi Kebijakan Revolusi Akidah Dan Akhlak Bagi Generasi Z Dan Alpha
DOI:
https://doi.org/10.30649/pmr.v3i2.72Kata Kunci:
Da'wah Philosophy, Inovation Policy, Moral Creed, Generation Z, Alpha GenerationAbstrak
Penurunan tata krama dan moral di antara Generasi Z dan Alpha, sebagian besar karena ketergantungan teknologi dan pendidikan agama yang tidak memadai, memerlukan intervensi mendesak. Penelitian ini menyelidiki kebijakan dakwah inovatif yang bertujuan untuk meningkatkan iman dan moral pemuda, khususnya melalui Organisasi Pemuda Masjid Agung Kota Kediri. Memanfaatkan metode kualitatif seperti wawancara dan observasi, penelitian ini menggabungkan berbagai perspektif filosofis, termasuk idealisme dan humanisme. Temuan menunjukkan bahwa memanfaatkan media sosial dan teknologi AI, bersama dengan panutan orang dewasa yang positif, secara signifikan meningkatkan pemahaman moral di kalangan remaja. Secara khusus, penelitian ini menyoroti tingkat keterlibatan yang mengesankan seperti pembelajaran online, aplikasi AI, dan kegiatan dakwah organisasi. Hasil ini menggarisbawahi kebutuhan kritis akan pendekatan digital terhadap iman dan pendidikan moral, menekankan kolaborasi antara keluarga, organisasi, dan komunitas untuk menumbuhkan integritas dan karakter moral yang kuat pada generasi mendatang.
Unduhan
Referensi
Afifah, N. (2024). Urgensi Pendidikan Karakter Islami Pada Usia Remaja Di Era Digital. Sanaamul Quran: Jurnal Wawasan Keislaman, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.62096/sq.v5i1.64
Afifah, N., & Zulkarnaen, I. (2024). Filsafat Etika Perspektif Abu Hamid Al-Ghazali. El-Waroqoh : Jurnal Ushuluddin Dan Filsafat, 8(1), 42. https://doi.org/10.28944/el-waroqoh.v8i1.1620
Alfiyanti, D. G., Desyandri, & Erita, Y. (2023). PERAN FILSAFAT ILMU DALAM PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2343–2352. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.554
Ananda, T. T. (2021). Adopsi Inovasi Komunitas Gerakan Pemuda Hijrah Terhadap Dakwah Online Pemuda Hijrah Shift Media. Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah Dan Kemasyarakatan, 25(2), 134–157. https://doi.org/10.15408/dakwah.v25i2.23234
APiQ, P. (2024). Filsafat Teknologi. Https://Pamanapiq.Com/, 18 Februari 2024. https://pamanapiq.com/2024/02/18/makna-filsafat-teknologi/
Fauroni, I. (2019). Sejarah Pemikiran H.M. Rasjidi: Filsafat Agama (1915-2001 M) [UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA]. http://digilib.uinsa.ac.id/29318/2/Imam Fauroni
Gumilar, G., Saifudin, M. F., Fauziati, E., & Muhibbin, A. (2024). Filsafat Idealisme Immanuel Kant: Relevansinya dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Filsafat Indonesia, 7(1), 131–138. https://doi.org/10.23887/jfi.v7i1.66153
Hanifah, S. N. (2023). Relevansi Etika Peserta Didik Generasi Z dengan Kitab Adabul Alim Wal Mutaalim Karya KH Hasyim Asyari [INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PONOROGO]. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23826
Harahap, N. (2020). PENELITIAN KUALITATIF (H. Sazali, F. Jamaluddin, & A. Husein (eds.); Cetakan Pe). Wal ashri Publishing. http://repository.uinsu.ac.id/9105/1/BUKU METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF DR. NURSAPIA HARAHAP, M.HUM.pdf
Harianto, B. (2023). filsafat ilmu. In Pustaka Sinar Harapan (Issue September). Pustaka Sinar Harapan. http://repository.uinsu.ac.id/12917/1/DIKTAT FILSAFAT ILMU BUDI HARIANTO.pdf
Idi, A., & Sahrodi, J. (2017). Moralitas Sosial dan Peranan Pendidikan Agama. Intizar, 23(1), 1. https://doi.org/10.19109/intizar.v23i1.1316
Iwantoro. (2023). Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Generasi Z. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Komputer Dan Sains, 1(1), 57–62.
Janna, N. M., & Aryantialfi. (2021). Etika Dalam Perspektif Filsafat Islam. In Sophia Dharma: Jurnal Filsafat, Agama Hindu, dan Masyarakat (Vol. 5, Issue 2, pp. 52–70). https://doi.org/10.31219/osf.io/umeyx
Krisdiana, M., Malihah, S., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Implementasi filsafat pendidikan idealisme di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 6561–6567.
Lafau, Y., Waruwu, A. T. M., & ... (2024). Membimbing Generasi Z Dan Alpha: Strategi Kepemimpinan Kristen Dalam Era Digital. Teologis-Relevan …, 03(01), 112–128. https://ejurnal.stepsmg.ac.id/home/article/view/177%0Ahttps://ejurnal.stepsmg.ac.id/home/article/download/177/97
Liah, A. N., Maulana, F. S., Aulia, G. N., Syahira, S., & Nurhaliza, S. (2023). Pengaruh media sosial terhadap Degradasi Moral Generasi Z. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(1), 68–73.
Magan, R. P., Martin, & Anggara, V. (2022). Etika Bermedia Sosial Bagi Generasi Z. Jurnal Filsafat Terapan, 1(1), 1–25. https://doi.org/10.11111/moderasi.xxxxxxx
Malyuna, S. I. M. (2024). Pendidikan Agama Islam Solusi Dalam Menangani Dekadensi Moral Era Milenial. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Penelitian Thawalib, 3(1), 43–52. https://doi.org/10.54150/thame.v3i1.274
Mariani, Zainal Rafli, & Ifan Iskandar. (2024). Filsafat Humanisme Dalam Perspektif Pembelajaran Bahasa Terhadap Konsep Merdeka Belajar: Kajian Teori. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(5), 196–204. https://doi.org/10.62504/jimr462
Mihailidis, P. (2014). A tethered generation: Exploring the role of mobile phones in the daily life of young people. Mobile Media and Communication, 2(1), 58–72. https://doi.org/10.1177/2050157913505558
Mulizar, M. (2018). In Memoriam Konsep Dakwah Dan Pemikiran Pakar Hadis; Prof. Dr. Kh. Ali Mustafa Yaqub, Ma. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan, 8(1), 43–61. https://doi.org/10.32505/hikmah.v8i1.399
Mutholingah, S., & Zamzami, M. R. (2018). Relevansi Pemikiran Maqashid Al-Syariah Jasser Auda Terhadap Sistem Pendidikan Islam Multidisipliner. Journal TA’LIMUNA, 7(2), 90–111. https://doi.org/10.32478/talimuna.v7i2.183
Nurita, F. W., & Perawironegoro, D. (2024). IMPLEMENTATION OF ISLAMIC EDUCATION AND DA’WAH WASATHIYAH GENERATION Z WITH QUR’ANIC INSIGHT IN FACING SOCIETY 5.0. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 13(02). https://doi.org/10.30868/ei.v13i02.6135
Purnama, S. (2018). Al Hikmah Proceedings on Islamic Early Childhood Education. Pengasuhan Digital Untuk Anak Generasi Alpha, 1, 1–556. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38804
Rahmatya, M. D., & Wicaksono, M. F. (2022). E-learning Daarul Adab sebagai Media Pendukung Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Dan Informasi, 12(1), 16–29. https://doi.org/10.34010/jati.v12i1.6039
Rahmi Hanifah, D. (2023). Konsep Pendidikan Merdeka Belajar Perspektif Filsafat Idealisme. Pendas :Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(1), 116.
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Rusyidi, B. (2020). MEMAHAMI CYBERBULLYING DI KALANGAN REMAJA. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 2(2), 100. https://doi.org/10.24198/jkrk.v2i2.29118
Sagala, K., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2024). Tantangan Pendidikan karakter di era digital. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 6(01), 1–8. https://doi.org/10.53863/kst.v6i01.1006
Sakoan, S. (2024). Agama dan Pembentukan Karakter Generasi Alfa di Era Postdigital. Jurnal Teruna Bhakti, 6(2), 178. https://doi.org/10.47131/jtb.v6i2.201
Sari, S. P. (2024). FILSAFAT TEKNOLOGI DON IHDE DAN DAMPAKNYA. UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
Sugiyono, S. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Alfabeta.
Sukatin, S., Ma’ruf, A., Mardani Putri, D., Giawi Karomah, D., & Hania, I. (2021). Urgensi Pendidikan Karakter Bagi Remaja di Era Digital. Jurnal Sosial Sains, 1(9). https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i9.205
Weny Maulida Nabila, Silmi Fadhilatunnisa, Muhammad Irgi Alamsyah, & Meity Suryandari. (2023). Pengaruh Konten Dakwah Terhadap Gen Z dan Milenial (Generasi Muda). ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 1(1), 09–21. https://doi.org/10.59246/aladalah.v1i1.145
Wijayanti, I. (2019). Kemerosotan Nilai Moral Yang Terjadi Pada Generasi Muda Di Era Modern. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Zahroh, D. M., & Jannah, N. (2024). Relevansi Nilai-Nilai Akhlak Generasi Z dalam Buku yang Hilang dari Kita : Akhlak Karya Muhammad Quraish Shihab. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 10(3), 1335–1359.
Zakaria Zulkhair, A. (2023). Turki di antara Qatar dan Mesir: Analisis Hubungan Diplomatik Pasca Arab Spring 2011. Middle Eastern Culture & Religion Issues, 2(1), 59–71. https://doi.org/10.22146/mecri.v2i1.6827
Afifah, N. (2024). Urgensi Pendidikan Karakter Islami Pada Usia Remaja Di Era Digital. Sanaamul Quran: Jurnal Wawasan Keislaman, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.62096/sq.v5i1.64
Afifah, N., & Zulkarnaen, I. (2024). Filsafat Etika Perspektif Abu Hamid Al-Ghazali. El-Waroqoh : Jurnal Ushuluddin Dan Filsafat, 8(1), 42. https://doi.org/10.28944/el-waroqoh.v8i1.1620
Alfiyanti, D. G., Desyandri, & Erita, Y. (2023). PERAN FILSAFAT ILMU DALAM PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2343–2352. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.554
Ananda, T. T. (2021). Adopsi Inovasi Komunitas Gerakan Pemuda Hijrah Terhadap Dakwah Online Pemuda Hijrah Shift Media. Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah Dan Kemasyarakatan, 25(2), 134–157. https://doi.org/10.15408/dakwah.v25i2.23234
APiQ, P. (2024). Filsafat Teknologi. Https://Pamanapiq.Com/, 18 Februari 2024. https://pamanapiq.com/2024/02/18/makna-filsafat-teknologi/
Fauroni, I. (2019). Sejarah Pemikiran H.M. Rasjidi: Filsafat Agama (1915-2001 M) [UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA]. http://digilib.uinsa.ac.id/29318/2/Imam Fauroni
Gumilar, G., Saifudin, M. F., Fauziati, E., & Muhibbin, A. (2024). Filsafat Idealisme Immanuel Kant: Relevansinya dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Filsafat Indonesia, 7(1), 131–138. https://doi.org/10.23887/jfi.v7i1.66153
Hanifah, S. N. (2023). Relevansi Etika Peserta Didik Generasi Z dengan Kitab Adabul Alim Wal Mutaalim Karya KH Hasyim Asyari [INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PONOROGO]. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23826
Harahap, N. (2020). PENELITIAN KUALITATIF (H. Sazali, F. Jamaluddin, & A. Husein (eds.); Cetakan Pe). Wal ashri Publishing. http://repository.uinsu.ac.id/9105/1/BUKU METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF DR. NURSAPIA HARAHAP, M.HUM.pdf
Harianto, B. (2023). filsafat ilmu. In Pustaka Sinar Harapan (Issue September). Pustaka Sinar Harapan. http://repository.uinsu.ac.id/12917/1/DIKTAT FILSAFAT ILMU BUDI HARIANTO.pdf
Idi, A., & Sahrodi, J. (2017). Moralitas Sosial dan Peranan Pendidikan Agama. Intizar, 23(1), 1. https://doi.org/10.19109/intizar.v23i1.1316
Iwantoro. (2023). Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Generasi Z. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Komputer Dan Sains, 1(1), 57–62.
Janna, N. M., & Aryantialfi. (2021). Etika Dalam Perspektif Filsafat Islam. In Sophia Dharma: Jurnal Filsafat, Agama Hindu, dan Masyarakat (Vol. 5, Issue 2, pp. 52–70). https://doi.org/10.31219/osf.io/umeyx
Krisdiana, M., Malihah, S., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Implementasi filsafat pendidikan idealisme di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 6561–6567.
Lafau, Y., Waruwu, A. T. M., & ... (2024). Membimbing Generasi Z Dan Alpha: Strategi Kepemimpinan Kristen Dalam Era Digital. Teologis-Relevan …, 03(01), 112–128. https://ejurnal.stepsmg.ac.id/home/article/view/177%0Ahttps://ejurnal.stepsmg.ac.id/home/article/download/177/97
Liah, A. N., Maulana, F. S., Aulia, G. N., Syahira, S., & Nurhaliza, S. (2023). Pengaruh media sosial terhadap Degradasi Moral Generasi Z. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(1), 68–73.
Magan, R. P., Martin, & Anggara, V. (2022). Etika Bermedia Sosial Bagi Generasi Z. Jurnal Filsafat Terapan, 1(1), 1–25. https://doi.org/10.11111/moderasi.xxxxxxx
Malyuna, S. I. M. (2024). Pendidikan Agama Islam Solusi Dalam Menangani Dekadensi Moral Era Milenial. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Penelitian Thawalib, 3(1), 43–52. https://doi.org/10.54150/thame.v3i1.274
Mariani, Zainal Rafli, & Ifan Iskandar. (2024). Filsafat Humanisme Dalam Perspektif Pembelajaran Bahasa Terhadap Konsep Merdeka Belajar: Kajian Teori. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(5), 196–204. https://doi.org/10.62504/jimr462
Mihailidis, P. (2014). A tethered generation: Exploring the role of mobile phones in the daily life of young people. Mobile Media and Communication, 2(1), 58–72. https://doi.org/10.1177/2050157913505558
Mulizar, M. (2018). In Memoriam Konsep Dakwah Dan Pemikiran Pakar Hadis; Prof. Dr. Kh. Ali Mustafa Yaqub, Ma. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan, 8(1), 43–61. https://doi.org/10.32505/hikmah.v8i1.399
Mutholingah, S., & Zamzami, M. R. (2018). Relevansi Pemikiran Maqashid Al-Syariah Jasser Auda Terhadap Sistem Pendidikan Islam Multidisipliner. Journal TA’LIMUNA, 7(2), 90–111. https://doi.org/10.32478/talimuna.v7i2.183
Nurita, F. W., & Perawironegoro, D. (2024). IMPLEMENTATION OF ISLAMIC EDUCATION AND DA’WAH WASATHIYAH GENERATION Z WITH QUR’ANIC INSIGHT IN FACING SOCIETY 5.0. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 13(02). https://doi.org/10.30868/ei.v13i02.6135
Purnama, S. (2018). Al Hikmah Proceedings on Islamic Early Childhood Education. Pengasuhan Digital Untuk Anak Generasi Alpha, 1, 1–556. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38804
Rahmatya, M. D., & Wicaksono, M. F. (2022). E-learning Daarul Adab sebagai Media Pendukung Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Dan Informasi, 12(1), 16–29. https://doi.org/10.34010/jati.v12i1.6039
Rahmi Hanifah, D. (2023). Konsep Pendidikan Merdeka Belajar Perspektif Filsafat Idealisme. Pendas :Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(1), 116.
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Rusyidi, B. (2020). MEMAHAMI CYBERBULLYING DI KALANGAN REMAJA. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 2(2), 100. https://doi.org/10.24198/jkrk.v2i2.29118
Sagala, K., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2024). Tantangan Pendidikan karakter di era digital. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 6(01), 1–8. https://doi.org/10.53863/kst.v6i01.1006
Sakoan, S. (2024). Agama dan Pembentukan Karakter Generasi Alfa di Era Postdigital. Jurnal Teruna Bhakti, 6(2), 178. https://doi.org/10.47131/jtb.v6i2.201
Sari, S. P. (2024). FILSAFAT TEKNOLOGI DON IHDE DAN DAMPAKNYA. UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
Sugiyono, S. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Alfabeta.
Sukatin, S., Ma’ruf, A., Mardani Putri, D., Giawi Karomah, D., & Hania, I. (2021). Urgensi Pendidikan Karakter Bagi Remaja di Era Digital. Jurnal Sosial Sains, 1(9). https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i9.205
Weny Maulida Nabila, Silmi Fadhilatunnisa, Muhammad Irgi Alamsyah, & Meity Suryandari. (2023). Pengaruh Konten Dakwah Terhadap Gen Z dan Milenial (Generasi Muda). ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 1(1), 09–21. https://doi.org/10.59246/aladalah.v1i1.145
Wijayanti, I. (2019). Kemerosotan Nilai Moral Yang Terjadi Pada Generasi Muda Di Era Modern. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Zahroh, D. M., & Jannah, N. (2024). Relevansi Nilai-Nilai Akhlak Generasi Z dalam Buku yang Hilang dari Kita : Akhlak Karya Muhammad Quraish Shihab. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 10(3), 1335–1359.
Zakaria Zulkhair, A. (2023). Turki di antara Qatar dan Mesir: Analisis Hubungan Diplomatik Pasca Arab Spring 2011. Middle Eastern Culture & Religion Issues, 2(1), 59–71. https://doi.org/10.22146/mecri.v2i1.6827
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Policy and Maritime Review

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





